Browsing dengan Aman


  1. Jangan membuka attachment atau lampiran pada e-mail secara sembarangan. Jangan pula percaya pada attachment yang asing buat Anda. Attachment seperti itu biasanya adalah virus yang sedang mencari target.
  2. Jangan menggunakan Software default alias bawaan sistem operasi, misalnya internet Explorer. Sebenarnya, Internet Explorer adalah aplikasi yang aman, tapi karena banyak sekali orang yang menggunakannya (karena web browser default dari Windows) maka IE menjadi target utama dari penjahat di internet. Gunakanlah browser-browser alternatif seperti Opera, Firefox, Chrome, dan lain-lain.
  3. jangan mudah percaya di dunia maya. Di website atau lewat e-mail, kadang kita melihat penawaran yang terlihat begitu menggiurkan, bahkan gratis. Ingatlah bahwa selalu ada yudang dibalik batu. Jika anda merasa penawaran tersebut terlalu indah untuk menjadi kenyataan, maka penawaran tersebut bisa dipastikan bohong.
  4. selalu perhatikan alamat URL. Masih ingat dengan kasus Internet Banking yang terjadi di Indonesia? Di kasus itu, korban dipancing ke website palsu yang tampilannya mirip dengan website asli milik bank. Perbedaanya hanyalah du URL yang dipakai di website palsu bank tersebut. Jadi, perhatikan baik-baik saat Anda ingin mengklik atau mengetikkan sebuah URL.
  5. selalu berpikir dulu sebelum mengklik. Para Pisher selalu menggunakan hal yang bersifat porno atau warez untuk mengambil informasi dari Anda, kemudian menginfeksikannya dengan malware. Kejadian ini banyak ditemui di website yang menyediakan crack software gratis namun Anda dipaksa untuk menginstall sebuah program dahulu.

(Sumber: PCMild extra)

    4 thoughts on “Browsing dengan Aman

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s