PERGI SANA KAMU, ROKOOOOK…!!!


ketika seseorang ingin berhenti merokok, pertama kali ia harus tahu alasan ia merokok. Kapan keinginan merokok itu timbul dalam dirinya?  Di mana saja ia ingin merokok? Siapa saja orang-orang yang mengingatkannya pada rokok? Dan lain-lain. Setelah itu ia harus memosisikan kebiasaan merokok secara objektif, bahwa merokok adalah kebiasaan paling buruk yang diciptakan manusia untuk menghancurkan diri sendiri.

Hubungkanlah rokok dengan penyakit atau dampak buruk lainnya yang disebabkan oleh rokok. Kemudian ia harus menyadari bahwa ia akan berada dalam posisi paling sulit, tetapi tidak merokok. Ia akan terus memprogram dirinya tanpa melakukan perlawanan terhadap hasrat untuk merokok. Jika merasa ingin merokok, ia merokok tapi dengan penuh kesadaran hingga ia tahu persis akibat dari ketetapannya itu.

Ketika memutuskan untuk tetap merokok, maka rasakanlah asap rokok mulai masuk ke mulut, rongga, leheer, dada, lalu menyebar dan menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu, pikirkan pula bahwa hukum merokok itu haram karena menyebabkan kerusakan pada jiwa dan raga. Dengan cara-cara seperti ini orang menghubungkan dampak buruk dengan pikiran utama. Selanjutnya terjadilah perekaman. Ulangi sekali lagi maka terjadilah penyimpanan. Ulangi lagi hingga menjadi kebiasaan baru. Dengan demikian, kebiasaan lama tidak sendirian. Jika kebiasaan lama datang maka kebiasaan baru mengimbanginya dan tidak melawannya agar kebiasaan lama tidak semakin kuat. Perlakukan dengan cara-cara yang sama supaya kebiasaan baru menjadi semakin kuat dan menggantikan kebiasaan lama.

(Sumber: Terapi Berfikir Positif oleh DR> Ibrahim Elfiky)

One thought on “PERGI SANA KAMU, ROKOOOOK…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s