Gmail Punya Fitur Batal Kirim E-mail


Pasti Anda pernah mengalami hal yang sama. Sudah menekan tombol Send di e-mail, lalu baru sadar bahwa sebenarnya Anda tidak ingin mengirimkan e-mail tersebut. Celaka deh kalau e-mailnya dibaca oleh orang yang tidak tepat.

Beruntung kalau Anda menggunakan outlook sebab Outlook punya fitur Recall yang juga bekerja di exchange-walaupun tidak selalu berfungsi. Namun pada dasarnya, begitu Anda menekan tombol Send, maka e-mail yang Anda kirimkan via internet langsung melayang terbang. Karena itu, kita harus bersyukur bahwa Gmail kini memiliki fitur Undo Send.

Undo Send ini merupakan fitur Gmail Labs. Artinya, untuk bisa menggunakannya Anda harus masuk ke setting, memilih Labs, dan menggulung ke bawah sampai menemukan Undo Send dan mengaktifkannya. jangan lupa mengklik Save Changes.

Ini sebenarnya tidak beda dengan mengirim e-mail apa pun via internet. Bedanya, Undo Send menahan e-mail Anda selama 5 detik sebelum benar-benar mengirimkannya. Dalam kurun waktu tersebut jika Anda mengklik link Undo Send, maka e-mail akan dihentikan dan dipulangkan ke titik tepat Anda menuliskannya sebelum Anda menekan tombol Send.

Jadi apakah ini akan menyelamatkan Anda? Cobalah. Cuma jangan mengirim e-mail ke diri sendiri karena e-mail Anda akan tetap muncul. Cobalah kirimkan e-mail ke alamat e-mail teman Anda dan tekan Undo Send.

(Sumber: PCPlus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s