Membuat “Simple Scene” dan Mental Ray


Ini merupakan tutorial pertama saya menggunakan software 3ds max dengan renderer Mental Ray.  Hasil akhir dalam tutorial ini adalah sebagai berikut.

Untuk tidak berlama-lama, langsung saja yuk kita mulai.

  1. Dalam tutorial ini, pemodelan menggunakan 3ds max dengan render mental ray. Tujuan yang akan kita dapatkan adalah pemodelan objek,  setting parameter di mental ray, texture objek. Pertama, jalankan 3ds max.
  2. Selanjutnya, klik tab Plane yang terlihat pada gambar 1
  3. Pada viewport Top, drag di sembarang tempat (gambar 2)
  4. Atur parameter plane yang baru kita buat sebagai berikut (lihat gambar 3)
  5. Klik kanan select and move (dapat ditemukan di toolbar), lalu atur parameter X=0, Y=0, Z=0 (gambar 4 dan 5). Tujuan dari setting parameter ini adalah agar posisi Plane berada pada posisi nol pada koordinat Cartesian.
  6. Selanjutnya, klik kanan objek plane lalu pilih Convert to Editable Poly agar objek dapat diedit lebih lanjut. (gambar 6)
  7. Kembali ke Top viewport, pilih Edge selection dalam rollout Editable Poly agar bagian tepi objek plane dapat dipilih. Setelah itu, pilih bagian edge seperti gambar 8. Tips: Anda dapat memperbesar viewport dengan menekan tombol shortcut alt+w. (gambar 7 dan 8)
  8. Sekarang tekan tombol select and move (pastikan bahwa kedua edge selection masih aktif). Tarik keatas sambil menahan tombol shift pada keyboard. Hasilnya akan terlihat pada gambar berikut (gambar 9). Tips: tekan tombol F4 untuk mengaktifkan Edge Face.
  9. Sekarang objek dinding udah jadi. Sekarang, kita akan membuat objek baru yang sederhana.  Mari kita lakukan.  Masih pada scene yang sama, kita akan membuat beberapa objek teapot. Kembali ke main tab Create dan klik tab Teapot (jangan lupa untuk memberikan tanda chek pada AutoGrid). Pada top viewport, drag di  sembarang tempat dengan ukuran bebas. Hasilnya sebagai berikut. (gambar 10)
  10. Agar Teapot kelihatan mulus, pilih salah satu objek teapot. Pilih main tab Modify, pada scroll down Modifier pilih TurboSmooth. Lihat gambar dan lakukan pada masing-masing Teapot yang lain. (gambar 11)
  11. Agar hasil yang kita dapatkan menjadi bagus, kita perlu menambahkan dan mengatur posisi camera. Pertama, kita kembali ke perspective view, klik kanan pada tulisan itu dan pilih Show Safe Frame. Setelah selesai, atur posisi pandangan yang bagus kira-kira seperti gambar berikut. (gambar 12 dan 13)
  12. Setelah, Anda mendapatkan sudut pandang yang bagus maka selanjut kita akan membuat kamera dengan cara menekan ctrl+c. Okke, tahapan ini sudah kita selesaikan bersama.
  13. Sebelum mengaktifkan Mental Ray sebagai renderer kita lakukan, kita perlu melakukan penyeragaman material abu2 agar kita bias melihat dengan mudah hasil render oleh Mental ray. Tekan tombol M di keyboard Anda, maka akan muncul Material Editor. Tekan ctrl+A pada keyboard Anda agar seluruh objek terseleksi. Pilih slot material pertama (standard) lalu drag slot material ke salah satu objek yang terseleksi (ingat: objek-objek tadi masih terseleksi). Akan muncul window baru, Assign Material dan pilih Assign to Selection.
  14. Hal lain yang perlu dilakukan adalah memberi cahaya pada scene kita. Kembali ke main tab Create, lalu tekan tombol Lights. Pilih Standard pada rollout dan klik TargetSpot. Pada Front viewport atur posis cahaya sesuka Anda. Hasilnya sebagai berikut. Pilih main tab Modify, lalu klik TargetSpot yang kita buat tadi. Beri tanda cek Shadow On. (gambar 14)
  15. Sekarang kita dapat maju ke tahapan berikutnya, yaitu mengganti renderer kita ke Mental Ray. Caranya adalah dengan menekan tombol shortcut F10 maka akan muncul jendela render setup. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan rollout Assign Renderer. Pada bagian Production klik box kecil, lalu pilih Mental Ray Rendere. (gambar 15)
  16. Aktifkan pada opsi Enable pada parameter Global Illumination dalam rollout Caustic and Global illumination (GI) (Anda akan menemukannya setelah scroll ke bawah). (gambar 16)
  17. Agar hasil render ini lebih bagus maka perlu diberi “pemanis”, yaitu Final Gather. Aktifkan tanda cek Enable Final Gather. Atur parameter sebagai berikut. (gambar 17)
  18. Pengaturan Mental ray selesai. Lanjut ke tahap yang menyenangkan yaitu kita akan memberikan material pada semua objek. Pertama, pilih salah satu teapot dan tekan tombol M pada keyboard. Pilih salah satu slot material yang belum digunakan. Tekan tombol Standard pada material editor. Dan pilih Arch & Design (mi) dengan double klik. (gambar 18)
  19. Setelah itu klik tombol Assign Material to Selection. Beri warna yang Anda inginkan dan atur parameter sebagai berikut. (gambar 19)
  20. Lakukan hal yang sama pada dua objek teapot lainnya dengan warna yang berbeda. Apabila Anda telah selesai member material pada semua teapot tadi, selanjutnya Anda memberikan material pada objek dinding. Pilih slot material editor yang belum digunakan dan biarkan material Standard yang kita gunakan. Klik tombol kotak disebelah difuse. Pilih BITMAP apabila Map/Material Browser telah muncul. Setelah itu carilah file gambar yang akan Anda gunakan sebagai tekstur dinding. Apabila sudah selesai, maka klik tombol Go to Parent dan klik tombol Assign Material to Selection. (gambar 20)
  21. Apabila berhasil, coba kita render dengan menekan tombol F9 (dengan camera viewport masih aktif). Hasilnya sebagai berikut (gambar 21)
  22. Ternyata pada dinding tekstur yang dihasilkan tidak sesuai yang kita inginkan. Untuk itu, kita harus melakukan sedikit modifikasi pada objek dinding dengan cara memberikan UV Mapping. Pilih objek dinding dan pada rollout modifier pilih UVW Mapping dan pilih Box. (gambar 22)
  23. Apabila sudah beres, coba kita render sekali lagi. Hasilnya sebagai berikut. (gambar 23)
  24. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat… 🙂
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s