Lebih Cepat Mendidih


Saya melihat bahwa air di wadah tertutup mendidih lebih cepat dibandingkan dengan panci yang terbuka. Saya mengandaikan bahwa tutup ketel menahan panas yang hilang kalau dibiarkan, tetapi panas macam apakah itu? Bukankah uap panas tidak ada sampai air betul-betul mendidih?
Uap tidak ada, tapi air berwujud gas ada. Lama sebelum kita melihat uap panas, yang sebetulnya adalah butir-butir air sangat kecil, ada air berwujud gas yang tidak kelihatan tetapi telah diproduksi oleh air yang sedang dipanaskan (molekul-molekul air yang tidak terikat, terbang bebas dalam wujud gas). Uap dan gas adalah sinonim, orang cenderung menamai gas dengan sebutan uap apabila mereka tahu bahwa belum lama sebelumnya benda itu masih berwujud cair.
Sebenarnya, di atas air selalu ada sedikit uap air (kita tentu pernah mendengar tentang kelembaban). Dalam air, dekat permukaan, selalu ada beberapa molekulnya yang cukup beringas  sehingga dapat terbebas dari ikatannya dengan molekul-molekul lain, kemudian terbang ke udara. Itu sebabnya diatas permukaan air selalu ada uap air. Makin tinggi temperatu air, makin banyak uap air yang dihasilkan karena makin banyak molekul yang bergerak cukup beringas sehingga terpisah dari teman-teman mereka. Jadi, sewaktu kompor memanaskan air, jumlah molekul air di udara diatas permukaan air mengalami peningkatan.
Karena molekul-molekul uap memiliki kandungan energi yang terus bertambah sejalan dengan kenaikan temperatur air, ada baiknya jika molekul-molekul itu tidak dibiarkan pergi. Pada panci atau ketel yang ditutup, molekul-molekul berenergi tinggi itu tetap berada didalam, sementara energi mereka ikut mengaktifkan teman-teman yang masih berada didalam air. Itu sebabnya dengan cara ini air akan lebih cepat mencapai titik didih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s